Sinar Yong d/h Yong Sin

2 Bahan Utama Pengembang Kue

Perbedaan baking powder, soda kue dengan Double Acting Baking Powder. Kelebihan Cake Emulsifer dibandingkan bahan ini.

Bahan Pengembang Kue

BAHAN PENGEMBANG KUE PADA UMUMNYA

Soda kue dan baking powder adalah bahan pengembang kue serbaguna yang bisa digunakan untuk pembuatan cake maupun kue kering.

Sebelum ditemukannya bahan pengembang khusus cake (cake emulsifer), semua resep cake seperti spiku, sponge cake, kue lapis menggunakan baking powder atau soda kue.

Sekarang orang lebih sering menggunakan SP, TBM, Ovalet, Sponge28 untuk mengembangkan kue mereka karena hasil akhirnya lebih lembut dan padat berisi. Sedangkan baking powder dan soda kue tetap digunakan dalam pengembangan kue kering.

PERBEDAAN BAKING POWDER DAN SODA KUE

Soda kue, sodium bicarbonate, baking soda mengacu pada barang yang sama. Nama resminya adalah baking soda, nama aslinya sodium bicarbonate sedangkan nama panggungnya soda kue.

Jadi kalau anda menemukan anak baru yang memiliki kandungan sodium bikarbonat, maka 100% dia adalah bahan pengembang kue yang anda butuhkan. Apalagi kalau ciri-cirinya berkulit putih, berbentuk serbuk dan baunya kecut.

Ketika soda kue ini terkena panas maka dia akan berubah bentuk menjadi gas. Gas yang terperangkap dalam tepung sehingga memaksanya untuk mengembang kekanan-kekiri, keatas-kebawah secara merata.

Cukup tambahkan gula, misyses, keju, kacang dan wijen. Maka terang bulan lezat ini siap berkenalan dengan perut kita. Benar ! Terang bulan yang teksturnya seperti kue bikang ambon ini menggunakan soda kue sebagai bahan pengembangnya. Mengembang rata ke semua arah.

Itulah perbedaan baking soda dengan baking powder. Baking powder akan membuat adonan mengembang ke atas saja, sementara soda kue membuatnya mengembang rata ke semua arah.

Contoh aplikasi baking powder adalah kue kukus atau muffin. Adonan dipaksa mengembang ke atas sampai nda kuat sehingga akhirnya pecah.

Kandungan baking powder adalah soda kue, asam askorbat dan pati jagung.

Dosis Baking Powder/Soda Kue 0,5 - 1% dari berat tepung atau 5 - 10gr per kilo tepung. Cara pemakaiannya, langsung dicampur dengan bahan kering lainnya dan diaduk.

DOUBLE ACTING BAKING POWDER

Perbedaan Baking Powder dengan Double Acting Baking Powder terletak pada proses pengembangannya. Baking Powder hanya mengembang pada waktu pengulenan adonan. Sedangkan Double Acting mengembang dua kali, yaitu pada waktu pengulenan adonan dan ketika sedang di-oven.

Baking Hercules, Double Acting

Baking powder dan soda kue hanya memiliki satu jenis asam-cepat. Yang akan bereaksi ketika terkena bahan-bahan yang bersifat basa. Dari bentuk butiran menjadi gas CO2.

Sedangkan Double Acting Baking Powder memiliki dua jenis asam, yaitu asam-cepat dan asam-lambat yang baru akan bereaksi ketika dipanaskan di dalam oven.

Ada dua cara pemakaian double acting ini. Yaitu Metode High Fat Ratio dengan High Water Ratio.

Untuk dosis metode High Fat Ratio adalah 0,5% - 1% dari berat tepung terigu. Atau 5 - 10 gram per kilo.

Sedangkan untuk dosis metode High Water Ratio adalah 1% - 4% dari berat tepung. Atau 10 - 40 gram per kilo.

Cara pemakaiannya dicampur langsung dengan bahan kering lainnya kemudian diaduk.

Ada dua macam Double Acting Baking Powder yang dijual di toko Sinar Yong Surabaya:

  • Baking Hercules Los
  • Baking Powder Xena

Harga double acting baking powder memang lebih mahal daripada baking powder biasa. Pada saat artikel ini dibuat, harga baking powder di toko kami Rp 2.850/ons sementara harga Double Acting Xena Rp 3.750/ons.

Tentu saja harga soda kue paling murah karena memang kandungannya yang lebih sedikit daripada bahan pengembang lainnya. Yaitu Rp 2.200/ons.