Sinar Yong d/h Yong Sin

SP, TBM & OVALLETTE

Cake emulsifier yang membantu proses pengembangan cake dan membuat adonan tidak mudah turun (stabil). Sehingga cake anda tidak bantat atau ngendok setelah keluar dari oven

Bahan pengembang cake SP , TBM dan Ovallette

MEMBUAT ADONAN STABIL, TIDAK MUDAH TURUN

Telor yang dikocok dengan mixer hingga akhirnya mengembang itu sebenarnya berasal dari udara yang terperangkap dalam adonan. Ketika anda memegangnya, terasa lembut, halus dan ringan. Seperti buih-buih sabun waktu mencuci baju menggunakan rinso atau waktu kita keramas menggunakan shampo.

Ringan dan rapuh....itulah kesannya. Sama halnya dengan adonan cake yang kita buat.

Sebelum menggunakan bahan pengembang cake, anda harus mengetahui cara yang benar mengocok telor dengan mixer. Ada aturannya, bukan asal kocok.

  1. Memutar berlawanan arah jarum jam.Kaki mixer memutar searah jarum jam. Memutar berlawanan arah akan mempercepat proses pengocokan sehingga adonan lebih cepat mengembang.
  2. Waktu maksimal pengocokan telur 10 menit. Lebih dari itu malah membuat zat pengikat udara rusak. Justru adonan tambah bantat

Jika cara anda mengocok telor seperti ini, seharusnya roti mengembang dengan baik. Tetapi karena ada beberapa faktor yang tidak kita ketahui. Seperti kualitas telor ataupun gula. Kelembaban dan keringat yang menetes...^-^'

Adonan cake ini rentan jatuh atau ambles atau bantat. Kelihatannya sudah baik, tetapi ketika dipanggang. Lah...alamak... keluar dari oven mimpes. Bantat ! Amsiong deh !

Di sinilah fungsi SP, TBM dan Ovallette. Memperkuat struktur adonan sehingga tidak mudah ambles. Membantu proses pengembangan telor sehingga pori cake lebih kecil, tampak halus dan lebih empuk

NAMA UMUMNYA: CAKE EMULSIFIER

SP, TBM, Ovallete, Sponge 28, Starkies dan bahan sejenisnya ini termasuk keluarga emulsifer. Jadi apapun mereknya, asalkan bentuknya seperti gel atau stempet fungsinya sama. Yaitu sebagai pengembang cake.

Apakah ada perbedaan hasil antara SP, TBM, Ovallette dan bahan pengembang cake lainnya ? Jelas ada, tetapi sifatnya lebih relatif dan minor. Artinya lebih ke selera masing-masing. Ada yang cocok pakai SP, ada yang cocok pakai TBM dan ada yang cocok pakai Sponge28.

Perbedaan minor yang kami maksud di sini lebih empuk kek, lebih halus kek, lebih cepat atau lebih lainnya. Tidak berarti merek yang satu mengembang 1 kali lipat, merk yang lebih bagus bisa mengembang 2 kali lipat. Semua merek cake emulsifer hasilnya relatif sama. Hanya perasaan dan kebiasaan anda yang membedakan.

Jadi tidak usah ragu untuk mencoba berbagai merk Cake Emulsifer ini. Beli semua dan pakai yang paling pas menurut anda.

HARGA DAN CARA PEMAKAIAN CAKE EMULSIFIER

Dosis umum penggunaan cake emulsifer ini adalah 1-2% dari total adonan. Ingat ! Total Adonan, bukan total telur. Sebagai contohnya dalam resep:

  • 250 gr gula pasir
  • 5 butir telur (30g per telor)
  • 300 tepung
Maka dosis penggunaannya adalah 7gr (700gr x 1%) sampai 14gr (700gr x 2%)
Cake Emulsifer Spontan88

Harga cake emulsifier ini relatif murah. Di Toko kami, harga SP Ryoto per 100gr = Rp 6.650. Demikian pula dengan merk lainnya, berkisar di antara itu, antara 5.000 rupiah sampai 7.500 rupiah.

Masalahnya, minimal pembelian di Sinaryong itu 1 ons. Untuk anda yang hanya sebulan sekali membikin roti. 100 gram itu banyak sekali. Bisa untuk 12 kali pemakaian. 5.000 rupiah untuk setahun ?? Cape deh !

Sebagai solusinya, beli saja SP, TBM atau Ovallete kemasan pot Isinya 20gr, jadi bisa dibuat untuk 2 kali pemakaian. Harganya pun lebih murah, Rp 2.250,00.

Bagaimana dengan anda yang produksi roti ? Tenang saja karena cake emulsifer ini juga ada kemasan besar. Ada yang 15Kg per pail. Dan juga ada yang kemasan 20Kg. Khusus SP Ryoto ada kemasan 5Kg.

Cara pemakaian SP/TBM/Ovallette ini langsung dicampur dan diaduk dengan telor. Putih dan kuning telur tidak perlu dipisah. Campur jadi satu terus di mixer. Demikian pula dengan cake emulsifer merk lainnya.